Jumat, 12 September 2008

Para Musuh Kesehatan

Hidup sehat adalah idaman setiap orang. Jika tubuh kita sehat, maka pikiranpun akan menjadi tenang dan nyaman. Untuk itu kita perlu menjaga kesehatan demi terciptanya kehidupan pyang nyaman dan aman. Kita bisa memulainya dari hal-hal kecil, banyak hal yang kita anggap sepele tapi sangat berpengaruh terhedap kesehatan kita. Sebagai contoh adalah beberapa hal sebagai berikut.

1. BEKAS BOTOL PLASTIK BERAKIBAT FATAL

Mungkin sebagian dari kita mempunyai kebiasaan mengkonsumsi air minum kemasan dan memakai ulang botol plastiknya. Kebiasaan ini tidak baik, karena bahan plastic botol (polyethylene therephtalate atau PET) yang di pakai di botol-botol ini mengandung zat-zat karsinogen. Botol ini aman dipakai 1 sampai 2 kali sa

ja. Jika kita ingin memakainya lebih lama, maka tidak boleh lebih dari satu minggu, hal inipun perlu diimbangi denga penempatan botol yang jauh dari sinar matahari. Kebiasaan mencuci ulang dapat membuat lapisan plastic rusak dan zat karsinogen tersebut dapat masuk ke air yang kita minum. Lebih baik menggunakan botol yang memang kegunaanya untuk di pakai berulang-ulang, jangan memakai botol plastic biasa.

2. UDANG MUSUH DARI VITAMIN C

Sebagian dari kita mungkin penggemar berat udang. Tapi satu hal yang perlu diingat, Jangan pernah memakan udang setelah mengkonsumsi Vitamin C. Jika hal ini terjadi, maka akan menyebabkan keracunan dari racun Arsenik (As) yang merupakan proses reaksi dari udang dan Vitamin C dalam tubuh. Hal ini dapat berakibat fatal dalam hitungan jam.

3.SATE DAN MENTIMUN

Sate? Nyummy… em.. Mendengar namanya saja kita sudah pengen menyantapnya. Kalau kita adalah pemakan sate, maka hal ini wajib diketahui. “Saat kita makan sate jangan lupa makan mentimun”. Karena ketika kita makan sate, sebetulnya kita juga ikut memakan zat karbon (arang) yaitu zat hasil pembakaran sate yang dapat menyebabkan kangker. Tapi hal ini dapat di netralisir dengan cara mengkonsumsi mentimun. Sate mempunyai zat Karsinogen (penyebab kanker), tapi emntimun mempunyai zat anti Karsinogen. Jado kita, jangan lupa mengkonsumsi memtimun saat makan sate.

4.ZAT LILIN PADA MI INSTANT

Mi Instan adalah salah-satu makanan alternative pengganti nasi. Tetapi bila dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terjangkit kanker. Hal ini terjadi karena menurut info kedokteran, terdapat lilin yang melapisi mi instan tersebut, itulah sebabnya mi instan tidak lengket sati sama lain ketika di masak. Lapisan lilin inilah yang dapat menyebabkan kanker, sedangkan tubuh kita memerlukan waktu lebih dari 2 hari untuk membersihkan lilin tersebut. Jadi kita jangan terlalu sering mengkonsumsi mi instan demi menjaga kesehatan kita.

Demikianlah secuil tentang kesehatan yang sering luput dari pandangan kita, semoga kita bias mengambil manfaatnya. Terus terapkan gaya hidup sehat sehingga kita dapat menikmati sesa hidup kita dengan nyaman dan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar